Oleh: turanggaseta | Januari 8, 2009

Pertolongan Pertama Pada Penderita ASMA

pakai_inhalerPenyakit Asma adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan yaitu adanya penyempitan, peradangan dan Kontriksi otot bronkrus.

Pada kedua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan oleh seorang penderita asma adalah sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada. Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan selama beberapa hari.

Gejala awal pada anak-anak bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala. Selama serangan asma, sesak nafas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

Pada serangan yang sangat berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya sangat hebat. Meskipun telah mengalami serangan yang berat, biasanya penderita akan sembuh sempurna.

Kebingungan, letargi (keadaan kesadaran yang menurun, dimana penderita seperti tidur lelap, tetapi dapat dibangunkan sebentar kemudian segera tertidur kembali) dan sianosis (kulit tampak kebiruan) merupakan pertanda bahwa persediaan oksigen penderita sangat terbatas dan perlu segera dilakukan pengobatan.

Kadang beberapa alveoli (kantong udara di paru-paru) bisa pecah dan menyebabkan udara terkumpul di dalam rongga pleura atau menyebabkan udara terkumpul di sekitar organ dada. Hal ini akan memperburuk sesak yang dirasakan oleh penderita.close-up-young-woman_57307166
Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan nafas yang berbunyi (wheezing, mengi, bengek), batuk dan sesak nafas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan nafasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk.

Pertolongan pertama pada orang menderita serangan asma sebenarnya sangat mudah dan sangat penting,apabila terlambat ditangani dapat berakibat fatal. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pada saat anda menemuai orang yang terkena serangan asma hendaklah cari tempat yang nyaman (bisa di bawa ke tempat tidur atau ruangan yang memungkinkan penderita dapat beristirahat dengan tenang

2. Usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah Duduk dengan pundak bersandar pada bantal,atau tembok atau apa saja dan INGAT…jangan sekali-kali di posisikan dalam posisi tidur!! ini dapat memperparah penyakit yang diderita sebab saluran pernapasannya pun dapat tersumbat karena posisi tidur yang salah

3. Penolong hendaklah tidak panik,ajak si penderita ngobrol (kalau memungkinkan) kalau tidak memungkinkan tenangkan dan hibur penderita hal ini dapat sangat membantu kepulihan penderita walaupun hanya sementara.

4. Pijit pada daerah syaraf paru-paru yang etrletak di atas jempol kaki (sekitar 3 -5 cm) Tepat di daerah ruas antara jempol dan jari telunjuk kaki, Teknik pijitnya harus secara perlahan-lahan.

5. Beri penderita air hangat walaupun sedikit ini berfungsi agar prmderita tenang

6. ila usaha di atas anda usahakan selama 15 menit belum ada kemajuan segera bawa ke dokter terdekat

About these ads

Responses

  1. Hi,
    titip informasi ya..

    jika ada yang mau menyewa alat-alat medis untuk homecare (perawatan dirumah) seperti tempat tidur rumah sakit, oksigen,kursi roda, suction pump,nebuliser dll dapat melihat blog kami di

    http://www.griyakami.wordpress.com

    terimakasih banyak ya…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: