Oleh: turanggaseta | Februari 19, 2009

Mbah Wiryo Mendem

mbah-wiryo-altCerita ini adalah pengalaman lucu yang tidak bisa terlupakan sepanjang hidupku, pada saat aku kuliah sekitar tahun 2007-2005 aku tinggal di salah satu desa dekat kampusku yang terletak di argomulyo Sedayu bantul jogjakarta,pada saat itu aku menempati kost cowok di dusun Panggang argomulyo. Salah satu tetanggaku ada yang bernama mbah wiryo. Mbah wiryo adalah sosok laki-laki tua yang berumur sekitar 85 tahun,tapi aku sangat kagum dengan sosok mbah wiryo,soalnya walaupun sudah tua dan tubuhnya sudah membungkuk tapi semangat hidupnya sangat besar.

bayangkan saja diusia 85 tahun mbah wiryo masih sering pergi kesawah mencangkul sawah,Ngarit (Mencari rumput) untuk makanan ke-2 saoi yang dipeliharanya, dan juga sering membersihkan sawah. dalam usia yang 85 tahun mbah wiryo juga masih juat mengangkat beban-beban yang lumayan berat…….. wuih mbah wiryo merupakan sosok seorang pria yang perkasa.

Aku sangat dekat dengan sosok mbah wiryo,karena aku sering dimintai bantuan pada saat kelelahan atau pada saat sakit, yah dengan kemampuan sebagai pemijit badan yang alakadarnya tapi selalu saja aku dijadikan sebagai langganan dikala beliau sakit kadang dia memberiku uang 25 ribu sebagai upahnya tapi uang sebanyak itu tidak pernah kuterima,sebagai gantinya dia memberiku makan,suatu balas jasa yang sangat berguna bagiku sebagai anak kost kala itu apalagi kalau musim paceklik

suatu hari saat mabah wiryo berada disawah dan sedang menggarapi sawahnya ada segerombolan pemuda kelihatan ke-empat pemuda tersebut adalah mahasiswa, pada saat itu  matahari bersinar sangat terik sekali waktupun menunjukan jam 13.00 siang dan saking lelahnya mbah wiryopun merasa sangat haus, beliau mendekat ke arah ke-empat pemuda tersebut yang kebetulan membawa segendul air putih, “nden nyuwun sewu bade nyuwun toyonipun kulo ngelak sangat,angsal yo den”(“nak permisi aku mau minta minumannya boleh ya?”) dan salah satu dari keempat pemuda tersebut menjawab dengan ragu-ragu “Ngeh monggo yen jenengan kerso mbah,niki gendule sisan dibeto nggeh mbah”(“Oh silahkan mbah ini kalau mau sekalian botolnya di bawa untuk mbah”) bah wiryo girang sekali,dengan semangat botol yang berisi setengah air putih tersebut di bawa ke arah gubuk yang terletak diujung sawah,tanpa pikir panjang mbah wiryo meminum setengah air putih tersebu. beberapa saat kemudian tubuh mbah wiryo terasa enting dan kepalanyapun agak sedikit pusing.

Sementara Keluarga mbah wiryo kwbingunggan dan merasa sangat kuatir,soalnya hari beranjak malam mbah wiryo belum pulang, beberapa anggota keluarga segera menyusul ke sawah. dan pada saat mereka menemukan mbah wiryo dalam keadaan terlelap kontan aja semuanya geger dikira ada apa-apa terhadap mbah wiryo. mbah wiryopun langsung dievakuasi kerumahnya pada saat dokter dari puskesmas setempat memeriksa ternyata mbah wiryo siuman dan langsung meminta botol yang sejak tadi dipegang sambil berkata “Endi mau wedangku?yo mau wedangku neng gendul ojo diguwak lho!, wedange sueger banget awakku  enteng lan penak buanget bar ngombe wedang kui suaraku iso banter atiku seneng ngeran bar ngombe wedang kui” (Mana minuman saya?ya tadi yang didalam botol jangan dibuang lho!minumnya segar banget badanku jadi enteng dan enak setelah minum itu dan hatiku senang setelah minum minuman itu”) spontan semua orang mencari apa yang dimaksud gendul tadi,setelah botol ketemu mereka pada kaget karena tulisan dibotol tersebut  Topi Miring minuman beralkohol alias BIR spontan aja cucu mbah wiryo mencium air yang masih tersisa dan benar itu salah satu minuman beralkohol, langsung saja anak mabh wiryo membuang air dalam botol tersebut dan mengisinya dengan air putih,agar mabh wiryo tidak kecewa, tapi setelah minum mbah wiryo pun berkomentar “Gumun aku kok wedange ra seger meneh yo opo sebagian wes di ombe danyange sawah(“Heran aku kok minumannya nggak seger kayak tadi ya, wah mungkin minumannya sudah diminum oleh setan penghuni sawah”)…….sepontan semua tetangga yang mendengarkan omongan mbah wiryopun tertawa…….mbah-mbah tuwo2 kok yo ngerti mendeman……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: